SELAMAT DATANG SISWA BARU DAN SELAMAT SISWA YANG TELAH NAIK KELAS

KONSEP HIMPUNAN UNTUK MEMECAHKAN MASALAH


Pendahuluan

A. Deskripsi Materi



Salam peserta didik, selamat bertemu kembali di modul online mata pelajaran matematika.  Senang sekali kita dapat bersama-sama memahami tentang hal-hal yang berkaitan dengan matematika. Pada kehidupan sekitar kita sering menemukan masalah seperti berikut Dalam suatu kelompok bermain sebanyak 20 anak, ternyata 14 anak menyukai permainan bola sepak, 12 anak menyukai permainan lompat tali.  Berapa anak yang menyukai kedua permainan tersebut?  Bagaimana kalian dapat menyelesaikan masalah tersebut?  Apakah kalian masih ingat tentang konsep himpunan dan diagram Venn? Ya benar, untuk menyelesaikan masalah tersebut kalian menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn yang telah kalian pelajari sebelumnya.  Nah, pada modul ini kita akan membahas lebih jauh mengenai konsep himpunan untuk memecahkan masalah.

Dalam modul ini, kalian akan melakukan beberapa kegiatan seperti mengerjakan kuis, mengamati beberapa animasi, melakukan beberapa simulasi, mengerjakan latihan soal dan mengerjakan tugas akhir modul.
Sudah siapkah kalian mempelajari modul ini? Baiklah... mari kita mulai, semoga sukses!!!


B. Panduan Bagi Guru

Modul on line ini terdiri dari :
  1. Identifikasi
    Identifikasi berisi mata pelajaran, jenjang pendidikan, kelas, semester, judul modul, standar kompetensi dan kompetensi dasar.
  2. Panduan
    Panduan terdiri dari panduan bagi guru dan siswa, yang berisi gambaran tentang isi modul sehingga dapat digunakan oleh guru dan siswa sesuai dengan kebutuhan.
  3. Pendahuluan
    Berisi gambaran materi yang akan dibahas/dipelajari.
  4. Kuis
    Berisi apersepsi yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari.
  5. Kegiatan Belajar
    Berisi pengalaman siswa dalam menemukan atau memperoleh konsep-konsep maupun sifat-sifat dalam matematika sebagai pengertian dasar dalam pembelajaran matematika sebagai pengertian dasar dalam mempelajari matematika. Di dalam kegiatan belajar terdapat contoh soal, simulasi dan latihan soal yang berguna untuk mempertajam pemahaman penggunaan konsep dan sekaligus melatih ketrampilan (skill) siswa dalam mengerjakan soal secara sistematis dan terarah.
  6. PenutupDi dalam penutup terdapat rangkuman dan Tes Akhir Modul (TAM). Rangkuman berisi hal-hal yang penting yang harus diingat siswa sedangkan tes akhir modul berisi tes akhir yang diberikan kepada siswa setelah pembahasan semua materi, tes akhir modul ini  diberikan untuk mengukur sampai seberapa jauh siswa dapat menguasai dan memahami materi yang sudah dipelajari.


C. Panduan Bagi Siswa

Dalam modul on line ini disajikan serangkaian kegiatan yang bertujuan memberi “pengalaman belajar” agar kalian dapat memahami matematika secara lengkap.  Untuk membantu kalian mempelajarinya, kenalilah terlebih dahulu bagian-bagian modul ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Kuis
    Berisi soal-soal materi pra syarat yang berguna untuk mempelajari materi yang akan dibahas atau dipelajari pada modul ini.
  2. Uraian Materi
    Berisi konsep-konsep maupun sifat-sifat dalam metematika sebagai pengertian dasar dalam mempelajari matematika.  Baca dan pelajarilah konsep dasar, kemudian diikuti dengan mengkaji contoh soal dan simulasi/animasi. Setelah kalian paham/mengerti coba kalian kerjakan latihan soal yang sudah ada.
  3. Simulasi/Animasi
    Berisi kegiatan untuk mempertajam pemahaman /penggunaan konsep dan sekaligus melatih ketrampilan kalian.
  4. Latihan
    Berisi soal-soal untuk mengukur pemahaman kalian terhadap materi yang telah kalian pelajari.  Latihlah diri kalian untuk menjawab soal-soal latihan dari yang mudah sampai dengan soal yang sulit.  Bila kalian menemui kesulitan, bacalah lagi konsep dasar pada uraian materi secara berulang-ulang sampai mengerti.
  5. Rangkuman
    Berisi hal-hal penting yang harus kalian ingat.
  6. Tes Akhir Modul (TAM)
    Ujilah diri kalian dengan menyelesaikan soal-soal yang terdapat pada tes akhir modul, sehingga konsep matematika yang telah kalian pelajari dan kuasai menjadi lebih kuat.  Jika skor nilai tes akhir modul kalian rendah, cobalah lagi
     berulang-ulang sampai skor nilai kalian memuaskan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masehi Hijriyah

Perhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah

Cari Blog Ini

pengunjung

Flag Counter

ARSIP BLOG